Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiada tidaknya: (1) pengaruh yang
positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata
pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Purworejo tahun
pelajaran 2016/2017. (2) pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi
belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di
SMA Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. (3) pengaruh yang positif
dan signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA
Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri
9Purworejo yang berjumlah 62 siswa, penentuan sampel berpedoman pada tabel
penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 1%, 5%,
dan 10%. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 55 siswa. Pengambilan
sampel secara random sampling. Pengumpulan datamenggunakan metode
dokumen dan metode angket.Teknik analisis data menggunakananalisis deskriptif
dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kompetensi
guruberada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 36,36%, sedangkan
untuk variabel motivasi belajarberada pada kategori cukup dengan persentase
sebesar 45,45%, dan variabel prestasi belajar mata pelajaran ekonomipada
kategori cukup dengan persentase sebesar 32,73%.Hasil analisis kuantitatif
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi
guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 11,10 %(r
=
0,333;t
= 2,544; sig< 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 18,80 %
(r
x2y
hitung
= 0,434; t
= 3,472; sig< 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara kompetensi guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa sebesar 36,00 % (R= 0,600;R
hitung
=
0,360; F
=14,640; sig< 0,05) dan 64,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti.
hitung
x1y
2