Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Nefritka, Dwi Melia
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:37:53Z
dc.date.available 2018-02-02T08:37:53Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1063
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiada tidaknya: (1) pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. (2) pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. (3) pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9Purworejo yang berjumlah 62 siswa, penentuan sampel berpedoman pada tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 1%, 5%, dan 10%. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 55 siswa. Pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan datamenggunakan metode dokumen dan metode angket.Teknik analisis data menggunakananalisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kompetensi guruberada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 36,36%, sedangkan untuk variabel motivasi belajarberada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 45,45%, dan variabel prestasi belajar mata pelajaran ekonomipada kategori cukup dengan persentase sebesar 32,73%.Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 11,10 %(r = 0,333;t = 2,544; sig< 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 18,80 % (r x2y hitung = 0,434; t = 3,472; sig< 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa sebesar 36,00 % (R= 0,600;R hitung = 0,360; F =14,640; sig< 0,05) dan 64,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. hitung x1y 2 en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mata hitung Pelajaran Ekonomi en_US
dc.title Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account