Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Sulastri
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:39:09Z
dc.date.available 2018-02-02T08:39:09Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1065
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Problem Posing kelas VIII C SMP Muhammadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 20 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki, dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan partisipasi belajar matematika siswa. Hal ini didasarkan pada perolehan lembar observasi dari rata-rata 60,71% pada siklus I meningkat menjadi 72,14% pada siklus II. Hasil tes pada siklus I diperoleh rata-rata 62 meningkat menjadi 71,75 pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 30% meningkat menjadi 80% pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject partisipasi, pembelajaran problem posing. en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account