Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIII B MTs Al Islam Jono Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Sutoyo
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:40:46Z
dc.date.available 2018-02-02T08:40:46Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1066
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B MTs Al Islam Jono Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat meningkat dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang dilaksanakan setiap pertemuan, angket yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus, dan tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemandirian belajar siswa dan lembar angket kemandirian belajar siswa untuk mengukur kemampuan kemandirian belajar siswa, tes evaluasi yang berbentuk soal uraian untuk mengukur kemampuan hasil belajar. Analisis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Al Islam Jono. Pada siklus I siswa masih ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dan malu mengeluarkan pendapat yang dimiliki pada saat diskusi. Kebanyakan siswa masih mencontek jawaban teman ketika mengerjakan tugas individu, sehingga diperoleh persentase kemandirian belajar siswa yang diukur dengan menggunakan lembar observasi dan lembar angket pada siklus I sebesar 63,78% dan 74,46% dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II banyak siswa sudah mempunyai kepercayaan terhadap diri sendiri dan ketidaktergantungan pada orang lain, sehingga diperoleh persentase kemandirian belajar matematika siswa meningkat menjadi sebesar 79,05% dan 81,33% dalam kategori baik. Rerata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I sebesar 68,85% menjadi 79,45% dalam kategori baik. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Reciprocal Teaching, Kemandirian Belajar Matematika dan Hasil Belajar en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIII B MTs Al Islam Jono Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account