Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B Mts Al Islamiyah Balorejo Tahun Pelajaran 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawan, Tari
dc.date.accessioned 2018-02-02T08:50:25Z
dc.date.available 2018-02-02T08:50:25Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1068
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apakah terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan diterapkan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick, (2) Apakah terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan diterapkan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MTs Al Islamiyah Balorejo, dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII B sejumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes evaluasi belajar. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan danprestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan persentase pada setiap aspek keaktifan hasil observasi dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh rerata keaktifan berdasarkan lembar observasi sebesar 45% dalam kriteria kurang baik meningkat menjadi 80% pada siklus II dengan kriteria baik. Ketuntasan prestasi belajar matematika dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick meningkat dari prestasi belajar pada siklus I, siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 35,00%, meningkat menjadi 75,00% pada siklus II dengan rata-rata 77,35. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika di kelas VIII B MTs Al Islamiyah Balorejo. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject keaktifan belajar, prestasi belajar, Think Talk Write, Talking Stick. en_US
dc.title Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B Mts Al Islamiyah Balorejo Tahun Pelajaran 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account