Abstract:
Fenomena semakin menaiknya busana muslim memicu para pelaku usaha bisnis untuk berbisnis busana muslim sehingga menimbulkan persaingan bisnis antar busana muslim menjadi ketat. Ketatnya persaingan bisnis antar merek busana muslim menimbulkan kekhawatiran perusahaan akan usaha bisnisnya. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki upaya agar usaha bisnisnya dapat bertahan ditengah persaingan bisnis busana muslim yang semakin kompetitif dengan membangun brand loyalty pada konsumen melalui emotional branding, brand experience, dan customer satisfaction.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh emotional branding, brand experience, dan customer satisfaction terhadap brand loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna produk merek Rabbani yang membeli di Outlet Rabbani cabang Kutoarjo. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 140 responden yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, serta uji signifikan (uji t).
Hasil analisis regresi linier berganda yang diuji secara parsial menunjukkan bahwa emotional branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Kesimpulan dalam penelitian ini semua hipotesis terbukti.