Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salaman Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Febriyana, Tiffani Sebty
dc.date.accessioned 2018-02-03T01:26:46Z
dc.date.available 2018-02-03T01:26:46Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1076
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dikenai dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw lebih baik dibanding dengan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai dengan model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, yang diharapkan dapat menjaddi rujukan bagi para guru yang ingin menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 sebanyak 201 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Intrumen te ditetapkan untuk kedua kelas sampel yang telas diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil tes digunakan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw lebih baik dari model pembelajaran ekpositori. Tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, data analisis dengan uji normalitas, uji keseimbangan, uji homogenitas variansi dan uji hipotesis.Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05 menunjukkan t obs = 2,877 > 1,645 = t , berarti kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa yang dikenai dengan model Cooperative Learning tipe Jigsaw lebih baik dibanding dengan siswa yang dikenai model ekspositori . tabel en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Eksperimen, pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, kemampuan menyelesaikan soal cerita en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salaman Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account