Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wacana tajuk rencana pada surat kabar harian Suara Merdeka edisi Maret 2016 sebagai wacana argumentatif; (2) relevansi analisis wacana tajuk rencana pada harian Suara Merdeka edisi Maret 2016 dengan pembelajaran menulis argumentatif di kelas X SMA.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah analisis wacana tajuk rencana pada harian Suara Merdeka edisi Maret 2016 dan relevansinya dengan pembelajaran menulis argumentatif di kelas X SMA sebagai pokok atau topik penelitian. Penelitian ini difokuskan pada analisis wacana tajuk rencana pada harian Suara Merdeka edisi Maret 2016 dan relevansinya dengan pembelajaran menulis argumentatif di kelas X SMA. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah tajuk rencana pada harian Suara Merdeka edisi Maret 2016. Sumber data sekunder adalah pendapat pakar yang dijadikan rujukan. Instrumen dalam penelitian ini adalah penulis dalam mencatat hasil penelitian menggunakan kertas pencatat data dan alat tulis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) wacana tajuk rencana pada surat kabar harian Suara Merdeka edisi Maret 2016 sebagai wacana argumentatif terdiri dari (a) jenis wacana argumentasi induktif ditemukan sebanyak 29 data dari 45 data tajuk rencana (b) jenis wacana argumentasi deduktif ditemukan sebanyak 16 data dari 45 data tajuk rencana; (2) relevansi analisis wacana tajuk rencana pada harian Suara Merdeka edisi Maret 2016 dengan pembelajaran menulis argumentatif di kelas X SMA. Analisis wacana tajuk rencana pada harian Suara Merdeka edisi Maret 2016 relevan dengan pembelajaran menulis argumentatif di kelas X SMA pada kompetensi dasar 12.1. Salah satu kompetensi 12.1, yakni menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif sehingga menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar menulis argumentasi