Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA NOVEL SEMESTINYA CINTA KARYA IRFAN JOURNEY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Ningrum, Puput Endah
dc.date.accessioned 2018-02-03T02:07:14Z
dc.date.available 2018-02-03T02:07:14Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1081
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Semestinya Cinta (2) aspek-aspek sosial dalam novel Semestinya Cinta, dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan aspek-aspek sosial dalam novel SemestinyaCintadi kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan aspek-aspek sosial dalam novel Semestinya Cinta karya Irfan Journey. Dengan fokus unsur intrinsik berupa tema, tokoh dan penokohan, alur, latar dan sudut pandang, serta aspek-aspek sosial berupa aspek cinta kasih, kekerabatan, moral, religi, dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data adalah novel Semestinya Cinta karyaIrfan Journey. Pengumpulan data dilakukan teknik pustaka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Semestinya Cinta karya Irfan Journey yaitu (a) tema terdiri dari tema mayor dan tema minor. Tema mayor:percintaan, sedangkan tema minor: cinta kasih, keimanan, dan persahabatan; (b) tokoh utama dalam novel ini adalah Liem dan Dalia. Tokoh tambahannya adalah Bu Syahnan, Mamak Hasna, Pak Syahnan, La Husa dan Darwis. Penggambaran tokoh dan penokohan dilakukan secara analitik dan dramatik; (c) alur yang digunakan adalah alur maju, meliputi tahap penyituasian, pemunculan konflik, peningkatan konflik, klimaks dan penyelesaian, sedangkan kaidah pengembangan plot terdiri dari tegangan, daya duga bayang, dan kejutan; (d) latar tempat ada yang dihadirkan secara utuh dan tidak utuh. Latar waktu yang digunakan adalah pagi, siang, sore, malam; (e) sudut padang menggunakan orang ketiga serbatahu (2) aspek- aspek sosial dalam novel ini meliputi (a) cinta kasih, (b) kekerabatan, (c) moral, dan (d) religi; (3) Skenario pembelajaran sastra disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Langkah-langkah pembelajaran unsur intrinsik dan aspek-aspek sosial yang digunakan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan penutup dengan mewajibkan siswa membaca novel en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Unsur Intrinsik, aspek-aspek sosial, dan Skenario Pembelajaran en_US
dc.title KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA NOVEL SEMESTINYA CINTA KARYA IRFAN JOURNEY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account