Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1
Buluspesantren. (2) mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Buluspesantren.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya
adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Buluspesantren yang berjumlah 22 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Data
mengenai keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi,
sedangkan data prestasi belajar ekonomi siswa dikumpulkan melalui tes prestasi
setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan analisis data deskriptif
kuantitatif.
Hasil analisis data diperoleh: (1) pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)
dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas kelas X IPS 1 SMA Negeri 1
Buluspesantren yaitu dilihat dari persentase keaktifan belajar siswa dengan kategori
minimal baik mengalami peningkatan dari pra siklus 67,72% siklus I mencapai
75,45% dan pada siklus II 84,10%. (2) pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas kelas X IPS 1 SMA Negeri 1
Buluspesantren yaitu dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukan
dengan meningkatnya nila rata-rata pada pra siklus sebesar 68 dengan ketuntasan
sebesar 63,63% nilai rata-rata siswa pada siklus I Sebesar 70,5 dengan ketuntasan
77,28%, dan nilai rata-rata siklus II sebesar 88 dengan ketuntasan 86,37% . Hal ini
menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa.