Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen

Show simple item record

dc.contributor.author Umronah, Wafi
dc.date.accessioned 2018-02-03T02:13:05Z
dc.date.available 2018-02-03T02:13:05Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1086
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Buluspesantren. (2) mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Buluspesantren. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Buluspesantren yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Data mengenai keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, sedangkan data prestasi belajar ekonomi siswa dikumpulkan melalui tes prestasi setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh: (1) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Buluspesantren yaitu dilihat dari persentase keaktifan belajar siswa dengan kategori minimal baik mengalami peningkatan dari pra siklus 67,72% siklus I mencapai 75,45% dan pada siklus II 84,10%. (2) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Buluspesantren yaitu dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan meningkatnya nila rata-rata pada pra siklus sebesar 68 dengan ketuntasan sebesar 63,63% nilai rata-rata siswa pada siklus I Sebesar 70,5 dengan ketuntasan 77,28%, dan nilai rata-rata siklus II sebesar 88 dengan ketuntasan 86,37% . Hal ini menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Student Team Achievement Division, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account