Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara lingkungan sosial keluarga dan lingkungan fisik
keluarga terhadap motivasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS di SMA
Negeri 1 Sapuran Wonosobo, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA
Negeri 1 Sapuran Wonosobo yang berjumlah 57 siswa. Dengan taraf kesalahan
5% diambil sampel 48 siswa. pengambilan sampel secara random sampling.
Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Dan analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase tertinggi variabel
lingkungan sosial keluarga berada pada kategori cukup 39,58%, variabel
lingkungan fisik keluarga berada pada kategori baik 43,75%, dan variabel
motivasi belajar berada pada kategori cukup 50%. Hasil analisis kuantitatif
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan
sosial keluarga terhadap motivasi belajar ekonomi sebesar 21,50% (r = 0,464,
t
= 3,515, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
lingkungan fisik keluarga terhadap motivasi belajar ekonomi sebesar 24,20% (r =
0,492, t
hitung
= 3,786, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
lingkungan sosial keluarga dan lingkungan fisik keluarga secara simultan terhadap
motivasi belajar ekonomi sebesar 41,60% (R = 0,645 dan F
hitung
16,036, sig <
0,05) dengan R
2
hitung
= 0,416 sumbangan 41,60% sedangkan 58,40% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak di teliti. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena
F
bernilai positif serta signifikan karena hasil signifikansi < 0,05.
hitung