Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo

Show simple item record

dc.contributor.author Selfiyani, Ana
dc.date.accessioned 2018-02-03T02:26:12Z
dc.date.available 2018-02-03T02:26:12Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1091
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sosial keluarga dan lingkungan fisik keluarga terhadap motivasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo yang berjumlah 57 siswa. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 48 siswa. pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase tertinggi variabel lingkungan sosial keluarga berada pada kategori cukup 39,58%, variabel lingkungan fisik keluarga berada pada kategori baik 43,75%, dan variabel motivasi belajar berada pada kategori cukup 50%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar ekonomi sebesar 21,50% (r = 0,464, t = 3,515, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan fisik keluarga terhadap motivasi belajar ekonomi sebesar 24,20% (r = 0,492, t hitung = 3,786, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sosial keluarga dan lingkungan fisik keluarga secara simultan terhadap motivasi belajar ekonomi sebesar 41,60% (R = 0,645 dan F hitung 16,036, sig < 0,05) dengan R 2 hitung = 0,416 sumbangan 41,60% sedangkan 58,40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena F bernilai positif serta signifikan karena hasil signifikansi < 0,05. hitung en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Lingkungan Sosial Keluarga, Lingkungan Fisik Keluarga, dan Motivasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account