Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai moral naskah drama Salah Tempat karya Okie Rendra Rakasiwi; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi nilai moral pada naskah drama Salah Tempat karya Okie Rendra Rakasiwi di kelas X1 SMA.
Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai moral naskah drama Salah Tempat karya Okie Rendra Rakasiwi, dengan fokus penelitian nilai moral naskah drama Salah Tempat karya Okie Rendra Rakasiwi yang meliputi nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia lain, dan hubungan manusia dengan diri sendiri dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan teknik observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi dan dalam penyajian hasil analisis digunakan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) unsur intrinsik dalam naskah drama Salah Tempat karya Okie Rendra Rakasiwi sebagai berikut (a) tema; amanah dan tanggung jawab; (b) tokoh utama: Tuan Maruk berwatak: ambisius, pekerja keras, serakah, dan beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita; (c) alur: alur maju dan alur mundur, (d) latar tempat: di rumah sakit, ruang keluarga, ruang kerja, dan ruang periksa; latar waktu (pagi hari, siang hari, malam hari); latar sosial: seorang Ayah, Ibu, Pejabat, Dokter, (e) sudut pandang: persona “Aku”; (2) nilai moral dalam naskah drama Salah Tempat terdiri dari: (a) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhannya meliputi: berdoa, bersyukur, taubat, (b) nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri meliputi: kejujuran, menyadari kesalahan, menghargai waktu, dan (c) nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain meliputi: sayang keluarga, meminta maaf, sikap kekeluargaan, mengingatkan orang lain; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran naskah drama Salah Tempat di kelas XI SMA dilaksanakan dengan KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks film drama baik melalui lisan maupun tulisan dan indikator mampu mengidentifikasi unsur intrinsik dan nilai moral drama; tujuan pembelajaran siswa dapat menganalisis unsur intrinsik dan nilai moral drama; bahan pembelajarannya yaitu naskah drama; metode pembelajarannya menggunakan ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan; langkah-langkah pembelajarannya meliputi kegiatan awal, inti dan, penutup,