Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
produk,harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap peningkatan
penjualan geblek di Baledono Kabupaten Purworejo, baik secara
individu maupun bersama-sama.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penjual geblek di
Baledono sejumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah
diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif, korelasi parsial,
Analisis regresi ganda, korelasi ganda, uji t, dan uji F.
Berdasarkan analisis deskriptif masing-masing variabel pada
umumnya berada pada kategori sangat tinggi yaitu produk 73,3%,
harga 53,3%, saluran distribusi 73,3%, promosi 60%, dan peningkatan
penjualan 56,7%. Hasil Analisis Kuantitatif didapatkan data ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara produk terhadap
peningkatan penjualan di warung geblek menghasilkan koefisien
korelasi r = 0,563, (r)
2
= 0,316 dengan t
hitung
= 3.477. Ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara harga terhadap peningkatan
penjualan di warung geblek menghasilkan koefisien korelasi r =
0,968,(r)
2
= 0,937 dengan t
hitung
= 19.631. Ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara saluran distribusi terhadap peningkatan
penjualan di warung geblek menghasilkan koefisien korelasi r =
0,944, (r)
2
= 0,891 dengan t
hitung
= 14.545. Tidak ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara promosi terhadap peningkatan penjualan
di warung geblek menghasilkan koefisien korelasi r = -0,414, (r)
=
0,171 dengan t
hitung
= -2.319. Dan ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara produk, harga, saluran distribusi, dan promosi secara
bersama-sama terhadap peningkatan penjualan di warung geblek di
Baledono Kabupaten Purworejo.
2