Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata
pelajaran Kewirausahaan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
NHT di Kelas XI NKPI I SMK Negeri 1 Puring tahun 2017. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas XI NKPI 1 SMK Negeri 1 Puring tahun 2017 yang berjumlah
27 siswa. Obyek penelitiannya adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Kewirausahaan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian pada siklus satu dan dua masing-masing terdiri dari dua pertemuan.
Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
data deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan Prestasi Belajar Mata
Pelajaran Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI NKPI 1 SMK Negeri 1 Puring
tahun 2017. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan Prestasi Belajar Mata
Pelajaran Kewirausahaan dengan rata-rata nilai kelas pre test pada siklus I yaitu
68,68 meningkat 10,32 atau 13,06% menjadi 79 pada post test siklus I.
Peningkatan terjadi pada siklus II dari 76,67 meningkat 10,73 atau 12,28%
menjadi 87,4. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada
siklus I sebanyak 19 dari 27 siswa atau 70,37% meningkat pada siklus II
sebanyak 5 siswa menjadi 24 dari 27 siswa atau 88,89%.