dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan media
gambar peristiwa sebagai peningkatan kemampuan menulis puisi; (2) pengaruh
penggunaan media gambar peristiwa terhadap minat dan sikap belajar dalam
menulis puisi; (3) peningkatan kemampuan menulis puisi dengan media gambar
peristiwa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo tahun pelajaran
2016/2017 setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan
media gambar peristiwa.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap prasiklus,
siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 31 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Dalam pengumpulan data
digunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis siswa,
sedangkan teknik nontes berupa catatan lapangan, observasi, wawancara, lembar
angket, dan dokumentasi foto. Dalam analisis data digunakan teknik kualitatif dan
kuantitatif. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat
disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis puisi
menggunakan media gambar peristiwa meliputi: siswa mengamati gambar yang
telah diberikan oleh guru, siswa mencatat poin-poin penting tentang setiap
peristiwa dalam gambar tersebut, siswa mulai membuat kata yang sesuai dengan
poin-poin yang telah dicacat, dan siswa mengembangkan kata-kata tersebut
menjadi sebuah puisi (2) pengaruh penggunaan media gambar peristiwa terhadap
minat dan sikap belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo tahun
pelajaran 2016/2017 menulis puisi dapat diketahui melalui hasil observasi.
Pengaruh media gambar peristiwa terhadap minat siswa dalam pembelajaran
menulis puisi mengalami peningkatan. Pada prasiklus atau sebelum diterapkan
media gambar peristiwa siswa yang berminat mengikuti pembelajaran menulis
sebesar 36,83%. Setelah diterapkan media gambar peristiwa, minat siswa
meningkat menjadi 58,67% dan meningkat lagi menjadi 73,5% pada siklus II.; 3)
peningkatan Kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 31 Purworejo dalam
pembelajaran menulis puisi menggunakan media gambar peristiwa mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sudah mencapai KKM
(75). Pada prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa hanya 69,03 atau masuk
dalam kategori kurang. Setelah diterapkan media gambar peristiwa, nilai rata-rata
siswa meningkat menjadi 76,94 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,94
pada siklus II. |
en_US |