Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh word of mouth terhadap keputusan berkunjung, pengaruh word of mouth terhadap minat berkunjung, pengaruh minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung, serta pengaruh word of mouth terhadap keputusan berkunjung dengan minat berkunjung sebagai variabel mediasi.
Objek penelitian ini adalah Taman Pintar Yogyakarta, dengan populasi yaitu orang yang pernah melakukan kunjungan ke Taman Pintar Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban menggunakan metode Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh word of mouth terhadap keputusan berkunjung bernilai positif dan signifikan, pengaruh word of mouth terhadap minat berkunjung bernilai positif dan signifikan, pengaruh minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung bernilai positif dan signifikan, serta pengaruh word of mouth terhadap keputusan berkunjung dengan minat berkunjung sebagai variabel mediasi bernilai positif dan signifikan dengan jenis mediasi berupa mediasi sebagian (partial mediation). Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan dalam penelitian terbukti dan dapat diterima.