Abstract:
Sekarang ini pemasaran menggunakan iklan menjadi pilihan yang sering
ditempuh oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan publiknya (konsumen).
Salah satu yang harus diperhatikan dalam pembuatan iklan adalah
komunikatornya. Penggunaan celebrity endorser yang sedang populer sebagai
komunikator menjadi pilihan utama dalam iklan untuk mempengaruhi masyarakat
(konsumen) untuk melakukan keputusan pembelian, sehingga diharapkan
konsumen setelah melihat iklan Indomie Goreng versi Al Ghazali akan melakukan
keputusan pembelian produk Indomie Goreng.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah visibility, credibility,
attractiveness dan power celebrity endorser secara parsial dan simultan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Indomie Goreng di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Indomie Goreng
yang berada di Purworejo, sedangkan sampel yang digunakan adalah 100
responden dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh pihak yang memenuhi persyaratan
sampel penelitian. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi berganda dan
pengujian hipotesis.
Hasil analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa variabel visibility, credibility, attractiveness dan power celebrity endorser
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial
dan simultan.