Abstract:
Pada era globalisasi, tingkat persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat.
Hal ini menuntut perusahaan untuk mampu bersikap dan bertindak secara cepat dan
tepat dalam menghadapi persaingan yang bergerak secara dinamis dan penuh
ketidakpastian. Salah satu cara dalam mensiasati persaingan yang terjadi tersebut
adalah dengan meningkatkan behavioural intentions dan customer satisfaction.
Tujuan penelitian diantaranya, 1) menguji customer satisfaction sebagai
variabel mediasi dalam pengaruh hedonic value terhadap behavioural intentions,
2) menguji customer satisfaction sebagai variabel mediasi dalam pengaruh
utilitarian value terhadap behavioural intentions
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pelanggan yang belanja
di Plaza Ambarrukmo. Pada penelitian ini tidak menggunakan seluruh populasi
tetapi menggunakan sampel sebanyak 100 responden dengan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan
jawaban menggunakan Skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Dalam
menguji hipotesis menggunakan Process Macro Analysis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi hedonic
value (X1) yang diregresi bersama customer satisfaction (M) terhadap behavioural
intentions (Y) sebesar -0,2559 dengan nilai signifikansi sebesar -0,8233 <p-value
0,3040, 2) serta nilai koefisien regresi utilitarian value (X2) yang diregresi
bersama customer satisfaction (M) terhadap behavioural intentions (Y) sebesar
0,568 dengan nilai signifikansi sebesar -0,0354 <p-value 0,3526. Hasil ini
menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan tidak terbukti.