Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura; (2) nilai religius dalam novel Suluk Gunung Jati; dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius dalam novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura di kelas XII SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai religius dalam Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura dan skenario pembelajarannya di kelas XII SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Suluk Gunung Jati, yaitu (a) tema novel ini adalah dinamika perjuangan dakwah, (b) tokoh utama Syarif Hidayatullah bersifat cerdas, sabar, dan berani, sedangkan tokoh tambahannya adalah Patih Keling, Pangeran Cakra Buana, Nyimas Pangkuwati, Ki Gedeng Babadan, Nyimas Ratna Babadan, Hasan Ali, Syaik Datuk Sidiq, Ahmad Singh, Kaisar Hong Gie, dan Syarifah Mudaim, (c) alur yang digunakan adalah alur maju, (d) latar dibagi menjadi 3 yaitu latar tempat: Caruban Larang, Pesantren Amparanjati,Dayo, Pelabuhan Barsah, babadan, dan Pelabuhan Kalapa, latar waktu: pagi, sore, dan malam, latar sosial yaitu: ajaran Syaikh Lemah Abang, dan perbedaan akidah, (e) sudut pandang adalah sudut pandang orang ketiga, dan (f) amanat: teguhkan hati agar melahirkan keberanian dalam menjaga kebenaran agama, (2) nilai religius dalam novel Suluk Gunung Jati yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: wudhu, salat fardu, berdoa, salat sunah, bersyukur, dan berzikir, (b) hubungan manusia dengan sesama manusia meliputi: tolong menolong, mengucapkan salam, dan saling mengingatkan, dan (c) hubungan manusia dengan dirinya sendiri meliputi: sabar, pemaaf, berani, amanah, dan (3) skenario pembelajaran novel Suluk Gunung Jati di kelas XII SMA dengan kompetensi dasar 5.2 menganalis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tahap pendahuluan, guru mengkondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan, lalu pada tahap inti guru menjelaskan materi pembelajaran tentang unsur intrinsik dan nilai religius novel Suluk Gunung Jati, kemudian dalam tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran sastra yang terdapat dalam novel untuk membangun karakter siswa.