dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik berupa
tema dan fakta cerita, (2) nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El
Khalieqy, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bait-bait Multazam karya
Abidah El Khalieqy di kelas XII SMA.
Sumber data penelitian ini adalah novel Bait-bait Multazam karya Abidah
El Khalieqy. Objek penelitian ini adalah nilai religius novel Bait-bait Multazam
karya Abidah El Khalieqy. Fokus penelitian ini berupa unsur intrinsik tema dan
fakta cerita, dan nilai religius. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah teknik pustaka. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data novel
Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy, teknik analisis isi. Teknik yang
digunakan untuk penyajian hasil data adalah menggunakan metode informal.
Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik
yang berupa tema dan fakta cerita (tokoh dan penokohan, latar, dan alur) novel
Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy meliputi: (a) tema, yakni tema
mayor dan minor. Tema mayor: perjalanan menemukan Islam sebagai jalan hidup.
Tema minor meliputi: mencari tahu misteri kehidupan seorang mualaf, kematian,
kehilangan kasih sayang dan perhatian, kegelisahan tentang keyakinan beragama,
mimpi aneh, dan keputusan untuk menganut agama Islam, (b) tokoh terbagi
menjadi dua, tokoh utama: Hilya, dan tokoh tambahan meliputi: Henry, teman
Hilya (Nina, Nita, Alien, Lina), Ibu Henry, Martha, Edward, Jonathan, Bang
Muhsin, Bang Iqbal, Pak Agam, Haji Rambe, Ibu Rosna, dan Yusuf Bulutlu, (c)
latar terbagi menjadi tiga, yakni latar tempat: Arab Saudi, Kedai Albaik, pinggiran
pertokoan, Masjid, Tanah Haram, Sekretariat Mall di Sareq Sittin, hotel, lobi,
Toko Baba Hamed, tepian laut merah, apotek, gereja, rumah, Masjid Baiturahim,
seberang jalan, rumah dokter, Kedai Bang Muhsin, Ma’had Abu Ubaidah, bandara
Suriah, kantin, terminal penerbangan domestik, Masjid Nabawi, latar waktu:
malam hari, pagi hari, siang hari, sore hari, setelah satu jam, beberapa menit
kemudian, beberapa saat kemudian, pagi setengah siang, dua puluh delapan tahun
silam, dan latar sosial-budaya: adat pernikahan masyarakat Batak, adat Batak
kristiani, hukum keselamatan bagi perempuan di Saudi, (d) alur: alur campuran;
(2) nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy digolongkan
menjadi tiga, yakni akidah, akhlak, syariat. Akidah: keyakinan kepada Allah,
keyakinan kepada Malaikat Allah, keyakinan kepada Kitab-Kitab Allah,
keyakinan kepada Nabi dan Rasul Allah; akhlak: bersyukur, bersabar, tolong
menolong, jujur; syariat: melaksanakan salat, berdoa kepada Allah, tidak
bersentuhan dengan yang bukan mahram, perintah untuk menutup aurat, larangan
memakan daging babi; (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bait-bait
Multazam karya Abidah El Khalieqy di kelas XII SMA dilaksanakan dengan
menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divions).
Langkah-langkah pembelajaran: guru menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa, guru melakukan presentasi, pembagian kelompok, siswa melakukan
kegiatan belajar secara kelompok, kuis (evaluasi), penghargaan prestasi kelompok |
en_US |