Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara : 1) disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas XI
SMA Negeri 4 Purworejo, 2) minat terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA
Negeri 4 Purworejo, 3) iklim belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA
Negeri 4 Purworejo, dan (4) disiplin, minat, dan iklim belajar secara bersamasama
terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA
Negeri 4 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 160 siswa diambil
sampel 110 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara disiplin terhadap prestasi belajar sebesar 21,30%. (r=0,444, r
=0,213, thitung = 7,688, sig < 0,05), 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara minat terhadap prestasi belajar sebesar 19,70%. (r=0,433, r
2
6,637, sig < 0,05), 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim
belajar terhadap prestasi belajar sebesar 18,70%. (r=0,433, r
2
=0,187, thitung = 6,637,
sig < 0,05), 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin, minat, dan
iklim belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 73,30% dan
26,70% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
berdasarkan nilai koefisien regresi (R=0,592, R
2
= 0,733 dan Fhitung = 19.101, sig
< 0,05), Persamaan regresi yaitu Y = 51,073 + 0,560X
1
+ 0,680X
dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.
=0,197, thitung =
2
+ 0,559X
2
3