Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Disiplin, Minat, dan Iklim Belajar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Purworejo Tahun 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Agustiyaningsih, Putri
dc.date.accessioned 2018-02-03T07:38:00Z
dc.date.available 2018-02-03T07:38:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1123
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara : 1) disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Purworejo, 2) minat terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Purworejo, 3) iklim belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Purworejo, dan (4) disiplin, minat, dan iklim belajar secara bersamasama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 160 siswa diambil sampel 110 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin terhadap prestasi belajar sebesar 21,30%. (r=0,444, r =0,213, thitung = 7,688, sig < 0,05), 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat terhadap prestasi belajar sebesar 19,70%. (r=0,433, r 2 6,637, sig < 0,05), 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim belajar terhadap prestasi belajar sebesar 18,70%. (r=0,433, r 2 =0,187, thitung = 6,637, sig < 0,05), 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin, minat, dan iklim belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 73,30% dan 26,70% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini berdasarkan nilai koefisien regresi (R=0,592, R 2 = 0,733 dan Fhitung = 19.101, sig < 0,05), Persamaan regresi yaitu Y = 51,073 + 0,560X 1 + 0,680X dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima. =0,197, thitung = 2 + 0,559X 2 3 en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject disiplin siswa, minat siswa, iklim belajar, prestasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Disiplin, Minat, dan Iklim Belajar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Purworejo Tahun 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account