Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Religiusitas dan Brand Liking terhadap Keputusan Menabung dengan Sikap terhadap Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Bank BRI Syariah Kebumen)

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyati, Khafilah Un
dc.date.accessioned 2018-02-03T07:44:19Z
dc.date.available 2018-02-03T07:44:19Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1129
dc.description.abstract Industri perbankan syariah mengalami peningkatan, baik dari segi jumlah kantor, nasabah, asset, dan lain sebagainya. Potensi perbankan syariah sangatlah besar mengingat penduduk Indonesia mayoritas beragam Islam. Keadaan tersebut diharapkan mampu meningkatkan market share perbankan syariah. Salah satu caranya adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan menabung. Tujuan penelitian diantaranya, 1) menguji pengaruh tingkat religiusitas terhadap keputusan menabung, 2) menguji pengaruh brand liking terhadap keputusan menabung, 3) menguji pengaruh tingkat religiusitas pada sikap terhadap merek, 4) menguji pengaruh brand liking pada sikap terhadap merek, 5) menguji pengaruh sikap terhadap merek pada keputusan menabung, 6) menguji sikap terhadap merek sebagai variabel mediasi dalam pengaruh tingkat religiusitas dan brand liking terhadap keputusan menabung. Pada penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan metode Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Dalam menguji hipotesis menggunakan Hierarchical Regression Analysis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) tingkat religiusitas berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai koefisiensi sebesar 0,887, 2) brand liking berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai koefisiensi sebesar 0,832, 3) tingkat religiusitas berpengaruh pada sikap terhadap merek dengan nilai koefisiensi sebesar 0,823, 4) brand liking berpengaruh pada sikap terhadap merek dengan nilai koefisiensi sebesar 0,829 5) sikap terhadap merek berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai koefisiensi sebesar 0,817, 6) sikap terhadap merek memediasi pengaruh tingkat religiusitas terhadap keputusan menabung dengan nilai koefisiensi sebesar 0,665 serta sikap terhadap merek memediasi pengaruh brand liking terhadap keputusan menabung dengan nilai koefisiensi sebesar 0,495. Artinya sikap terhadap merek memediasi dengan bentuk berupa partial mediation. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima. en_US
dc.publisher Manajemen-FE en_US
dc.subject religiusitas, brand liking, keputusan menabung, sikap terhadap merek, mediasi. en_US
dc.title Pengaruh Religiusitas dan Brand Liking terhadap Keputusan Menabung dengan Sikap terhadap Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Bank BRI Syariah Kebumen) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account