Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara lokasi terhadap loyalitas konsumen pada TB. Sugeng
Karya Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. (2) ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara harga terhadap loyalitas konsumen pada TB. Sugeng
Karya Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. (3) ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada
TB. Sugeng Karya Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. (4) ada tidaknya
pengaruh yang positif dan signifikan antara lokasi, harga, dan kualitas layanan
secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen pada TB. Sugeng Karya
kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen TB. Sugeng Karya
Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Dalam penelitian ini pengambilan
sampel dilakukan dengan sampling insidental. Penentuan jumlah sampel
menggunakan teori dari Roscoe tentang ukuran sampel untuk penelitian, diperoleh
sampel 50 konsumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel lokasi pada
TB. Sugeng Karya Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang tergolong strategis
dengan persentase tertinggi yaitu 56%, Variabel kepuasan konsumen pada TB.
Sugeng Karya Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang tergolong puas dengan
persentase terbesar yaitu 58%, Variabel loyalitas konsumen pada TB. Sugeng
Karya Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang tergolong tergolong tinggi
dengan persentase terbesar yaitu 58%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan
bahwa (1) variabel lokasi memberikan pengaruh yang positif dan dan signifikan
terhadap loyalitas konsumen sebesar 14,89% (r = -0,386; r
2
= 0,1489; t
= 2,834;
sig ≤ 0,05. (2) variabel harga memberikan pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 79,38% (r = 0,891; r
= 0,7938;
t
= 13,316; sig ≤ 0,05. (3) variabel kualitas layanan memberikan pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 9,67% (r =
0,311; r
hitung
2
= 0,0967; t
= 2,218; sig ≤ 0,05 (4) Hasil uji F, dapat diketahui
(F
hitung
hitung
= 99,528; sig ≤ 0,05 maka signifikan). (5) Hasil analisis koefisien korelasi
ganda (Adjusted R Square = 0,858; sig ≤ 0,05). Pengaruh semua variabel bebas
terhadap variabel terikat sebesar 85,80% sedangkan 14,20% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti.
2
hitung