Abstract:
Sekolah sebagai lembaga formal pendidikan memegang peranan penting
dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembelajaran untuk menunjang
kelancaran jalannya pembangunan di Indonesia secara keseluruhan. Dalam
melaksanakan manajemen berbasis sekolah secara efektif dan efisien, maka
memerlukan kepala sekolah yang memiliki kemampuan kepemimpinan,
perencanaan, dan pandangan yang luas tentang sekolah dan pendidikan.
Keberhasilan sekolah dalam mengantar peserta didik tidak bisa lepas dari semua
komponen yang terkait dalam sekolah yaitu kepala sekolah, guru, tenaga
administrasi, peserta didik dan peran orang tua murid. Tingginya partisipasi
komponen-komponen ini menunjukan tingginya pemahaman pentingnya
pendidikan demi kemajuan bangsa yang pada gilirannya menentukan mutu
sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kepemimpinan kepala
sekolah, motivasi kerja, lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif
terhadap kinerja guru (Studi pada Sekolah Menengah Muhammdiyah Di
Kabupaten Purworejo).
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 136 responden.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner telah
diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data
menggunakan regresi berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, lingkungan kerja
berpengaruh positif terhadap kinerja guru secara parsial.