Abstract:
Saat ini persaingan di dunia bisnis semakin kompetitif, persaingan tersebut dapat dilihat dari makin banyaknya ragam produk yang dapat diluncurkan diperusahaan untuk dapat mempertahankan eksistensinya dalam dunia usaha. Kondisi ini menuntut perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif dengan menawarkan sesuatu yang bernilai lebih, dibandingkan yang dilakukan pesaing. Oleh karena itu perusahaan harus membuat strategi untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Salah satu Strategi yang dapat diterapkan adalah dengan memiliki ekuitas merek yang kuat dan citra merek internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ekuitas merek dan citra merek internasional berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman bersoda Coca-Cola di Purworejo.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli produk Coca Cola di Purworejodengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sempel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan alat analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan ekuitas merek dan citra merek internasionalberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman bersoda Coca-Cola di Purworejo secara parsial.