dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah ini adalah mendeskripsikan mendeskripsikan (1)
bagaimanakah pembelajaran keterampilan menulis poster dengan media komik pada siswa kelas
VIIID SMP N 24 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017; (2) bagaimanakah pengaruh terhadap
sikap dan minat siswa kelas VIIID SMP N 24 Purworejo dalam mengikuti pembelajaran
menulis poster dengan media komik tahun pelajaran 2016/2017; (3) bagaimnakah peningkatan
keterampilan menulis poster siswa kelas VIIID SMP N 24 Purworejo setelah memperoleh
pembelajaran menulis poster dengan media komik tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIIID SMP N 24 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 24 siswa,
sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis poster.
Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu pratindakan, siklus I, dan siklus II.
Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Dalam analisis data,
digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan
teknik validitas data melalui triangulasi sumber, metode, dan teori. Dalam penyajian
analisis data digunakan teknik informal.
Hasil penelitian ini : (1) pembelajaran keterampilan menulis poster dengan
media komik pada siswa kelas VIIID SMP N 24 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017
meliputi: (a) guru menjelaskan pengertian poster, kegiatan pembelajaran yang dilakukan
yaitu menulis poster dengan berbagai keperluan, kalimat yang bervariasi, serta
persuasif; (b) guru menjelaskan tentang langkah-langkah menulis poster dan bertanya
jawab langsung kepada siswa,(c) guru memberikan contoh tentang poster, (d) guru
mengarahkan siswa merefleksi kegiatan pembelajaran dan menyimpulkan hasil poster
sesuai dengan media yang digunakan, kemudian tiga terbaik siswa diberi hadiah dan
diberi motivasi agar lebih baik lagi; (2) pengaruh terhadap sikap dan minat siswa kelas
VIIID SMP N 24 Purworejo dalam pembelajaran menulis poster dengan media komik,
hasil yang diperoleh menunjukkan perubahan sikap dan minat siswa kelas VIIID SMP
N 24 Purworejo mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik, yaitu perubahan dari
perilaku negatif menjadi positif. Perubahan sikap dan minat siswa ini dapat dibuktikan
dari hasil nontes yang berupa observsi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto.
Berdasarkan hasil data nontes pada siklus I masih tampak laku negatif yang cenderung
pasif, berbicara dengan teman sebangkunya dan kurang bersemangat. Pada siklus II
tingkah lagu negatif semakin berkurang merelaka telihat aktif, serius, dan bersemangat
selama proses pembelajaran. (3) keterampilan menulis poster siswa kelas VIIID SMP N
24 Purworejo setelah memperoleh pembelajaran menuls poster dengan media komik,
Pada hasil tes pratidakan menunjukkan nilai rata-rata 65,67 dan siklus I diperoleh nilai
rata-rata 68,63. Hal ini terjadi peningkatan 2, 96 %. Pada siklus II diperoleh rata-rata
kelas sebesar 79,00. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar
10,37 %. Jadi peningakatan yang terjadi dari pratindakan sampai pada siklus II sebesar
13,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, sudah mengalami peningkatan. |
en_US |