Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media internet dan media
elektronik baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 32 siswa di ambil 25
siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan
data menggunakan metode analisis dokumen dan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa penggunaan media
internet berada pada kategori rendah 56%, sedangkan penggunaan untuk media
elektronik pada kategori tinggi 52%, sedangkan untuk prestasi belaar pada
kategori baik 88%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunukan bahwa ada
pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media internet dengan prestasi
belajar sebesar 34,2%, sig 0,03 (0,03 < 0,05 maka signifikan), dan penggunaan
media elektronik terhadap prestasi belajar sebesar 32,2%, sig 0,04 (0,04 < 0,05
maka signifikan). Ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media
internet dan penggunaan media elektronik secara bersama-sama terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 44,3% dengan (R) = 0,666, F
sebesar 8,757 , sig 0,02 <
0,05; dan (R
2
hitung
) = 0,443, dan sisanya 55,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak
diteliti.