Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: 1)
pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan terhadap keputusan
konsumen; 2) pengaruh yang positif dan signifikan antara loyalitas terhadap
keputusan konsumen; dan 3) pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan
dan loyalitas secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen.
Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh konsumen jasa pengiriman yang
sedang dan pernah menggunakan jasa pengiriman KALOG di Probolinggo,
pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 50
responden. Pengumpulan data, dalam penelitian menggunakan kuisioner yang
sebelumnya telah diujicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas
sedangkan alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis
regresi linier berganda.
Hasil uji hipotesis secara parsial, menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien
regresi kepuasan (X
) sebesar 0,629 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00.
Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang diajukan yaitu “ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara kepuasan terhadap keputusan konsumen”,
terbukti dan dapat diterima; 2) nilai koeficien regresi loyalitas (X
1
) sebesar 0,419
dengan nilai signifikansi sebesar 0,01. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis
yang diajukan yaitu “ada pengaruh yang positif dan si gnifikan antara loyalitas
terhadap keputusan konsumen”, terbukti dan dapat diterima; 3) Dari uji ANOVA
atau F test yaitu uji hipotesis secara simultan didapat nilai F hitung sebesar 62.929
dengan probabilitas 0.000. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang
diajukan yaitu “ ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan dan
loyalitas secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen”, terbukti dapat
diterima. Besarnya pengaruh kepuasan dan loyalitas secara bersama-sama
terhadap keputusan konsumen sebesar 71,7% (R Square = 0,717), sisanya sebesar
28,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini dan
dijelaskan oleh sebab sebab yang lain diluar model.
2