dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran keterampilan
menulis puisi menggunakan media poster pada siswa kelas VIISMP Negeri 24
Purworejo; (2) pengaruh penggunaan media poster terhadap minat siswa dalam
pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo; dan (3)
peningkatan keterampilan menulis puisi setelah diadakan pembelajaran dengan
menggunakan media poster pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 26 siswa.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes
dan nontes. Tenik tes yang digunakan untuk mengetahui nilai siswa, berupa tes menulis
puisi, sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengetahui proses selama
pembelajaran berlangsung, berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi foto.
Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam
penelitian ini, teknik penyajian analisis data yang digunakan adalah teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) proses pembelajaran menulis puisi
menggunakan media poster meliputi siswa memperhatikan media poster keindahan
alam Indonesia, menggunakan kata kunci dari poster sebagai dasar atau ide untuk
menulis, mengembangkan ide menjadi sebuah puisi dengan menggunakan diksi yang
baik, gaya bahasa, kesesuaian judul dan tema dengan isi puisi, persajakan dan makna;
(2) pembelajaran menggunakan media poster mampu meningkatkan minat siswa dalam
pembelajaran. Penilaian dengan lembar observasi menunjukkan bahwa siswa
mengikuti pembelajaran dengan tertib, siswa tidak berbicara sendiri saat proses
pembelajaran, siswa tidak terganggu oleh keadaan, dan siswa tidak malas dalam
kegiatan pembelajaran pada prasiklus dan siklus I termasuk dalam kategori cukup, dan
pada siklus II meningkat masuk dalam kategori baik sekali. Pada prasiklus, siswa
mengikuti pembelajaran dengan tertib 61,54%, siswa tidak berbicara sendiri 57,49%,
siswa tidak terganggu oleh keadaan 57,49%, dan siswa tidak malas 42,31%.
Sealanjutnya, pada siklus I, siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib 73,08%, siswa
tidak berbicara sendiri 65,38%, siswa tidak terganggu oleh keadaan 57,59%, dan siswa
tidak malas 61,54%. Siklus II, meningkat siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib
88,46%, siswa tidak berbicara sendiri 84,62%, siswa tidak terganggu oleh keadaan
76,92%, dan siswa tidak malas 84,62%. (3) peningkatan keterampilan menulis puisi
pada siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II.
Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 67,15, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang
diperoleh menjadi 73,23. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi
menjadi 77,92. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses
pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa kelas
VII SMP Negeri 24 Purworejo. |
en_US |