Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Rizqi, Luthvi Ulviyana
dc.date.accessioned 2018-02-03T08:15:00Z
dc.date.available 2018-02-03T08:15:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1145
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media poster pada siswa kelas VIISMP Negeri 24 Purworejo; (2) pengaruh penggunaan media poster terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo; dan (3) peningkatan keterampilan menulis puisi setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan media poster pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 26 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tenik tes yang digunakan untuk mengetahui nilai siswa, berupa tes menulis puisi, sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengetahui proses selama pembelajaran berlangsung, berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, teknik penyajian analisis data yang digunakan adalah teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) proses pembelajaran menulis puisi menggunakan media poster meliputi siswa memperhatikan media poster keindahan alam Indonesia, menggunakan kata kunci dari poster sebagai dasar atau ide untuk menulis, mengembangkan ide menjadi sebuah puisi dengan menggunakan diksi yang baik, gaya bahasa, kesesuaian judul dan tema dengan isi puisi, persajakan dan makna; (2) pembelajaran menggunakan media poster mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian dengan lembar observasi menunjukkan bahwa siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib, siswa tidak berbicara sendiri saat proses pembelajaran, siswa tidak terganggu oleh keadaan, dan siswa tidak malas dalam kegiatan pembelajaran pada prasiklus dan siklus I termasuk dalam kategori cukup, dan pada siklus II meningkat masuk dalam kategori baik sekali. Pada prasiklus, siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib 61,54%, siswa tidak berbicara sendiri 57,49%, siswa tidak terganggu oleh keadaan 57,49%, dan siswa tidak malas 42,31%. Sealanjutnya, pada siklus I, siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib 73,08%, siswa tidak berbicara sendiri 65,38%, siswa tidak terganggu oleh keadaan 57,59%, dan siswa tidak malas 61,54%. Siklus II, meningkat siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib 88,46%, siswa tidak berbicara sendiri 84,62%, siswa tidak terganggu oleh keadaan 76,92%, dan siswa tidak malas 84,62%. (3) peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 67,15, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 73,23. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77,92. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis puisi, media poster dan SMP. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account