Abstract:
Kemasan yang baik adalah bagaimana suatu kemasan dapat menyesuaikan fungsinya, karena kemasan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk, menarik minat konsumen untuk membeli suatu produk. Agar kemasan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka model VIEW sangat membantu konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk. VIEW disini meliputi variabel-variabel Visibility, Information, Emotional Appeal, dan Workability.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruhVisibility, Information, Emotional Appeal, dan Workability terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah semua orang yang mengkonsumsi Mie Sedaap Cup di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis yaitu uji signifikansi dan uji F.
Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa visibility, information, emotional appeal dan workabilityberpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian.