Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo, (2) perubahan perilaku belajar siswa SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar pada siswa SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar dan teknik nontes yang digunakan untuk mengetahui keadaan siswa pada saat pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui gambar. Data dianalisis dengan teknik kualitatif, yaitu untuk mengetahui perubahan perilaku siswa saat pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar dan teknik kuantitatif, yaitu untuk menganalisis data berupa skor hasil penilaian keterampilan menulis puisi menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar. Penyajian data hasil penelitian menggunakan teknik informal untuk menyajikan hasil data penelitian dengan kata-kata biasa secara apa adanya.
Langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan teknik tari bambu melalui media gambar, yaitu siswa (a) mengamati gambar keindahan alam, (b) mengidentifikasi poin-poin penting dalam gambar keindahan alam, (c) menyiapkan beberapa diksi, (d) berpasang-pasangan untuk bertukar diksi, (e) menulis puisi dengan menyusun diksi yang telah disiapkan, (f) membacakan puisi di depan kelas. Pengaruh teknik tari bambu melalui media gambar tehadap perilaku siswa dapat dilihat pada siklus II, yaitu motivasi belajar meningkat menjadi 91,91%, perhatian terhadap pembelajaran meningkat menjadi 90,44%, keaktifan siswa meningkat menjadi 95,59%, keberanian meningkat menjadi 62,5%, dan kemandirian siswa juga meningkat menjadi 66,18%. Peningkatan hasil keterampilan menulis puisi dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis, yaitu 5,38 pada prasiklus, meningkat menjadi 73,62 pada siklus I, dan 79,85 pada siklus II.