Abstract:
Di era pertumbuhan dan perkembangan bisnis dengan dukungan
perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat, hal tersebut secara
langsung akan mempengaruhi suatu perusahaan dalam mempertahankan pangsa
pasar. Perusahaan harus mampu membentuk brand equity produknya agar
konsumen tidak berpindah ke merek lain. Merek menjadi lebih dipertimbangkan
oleh perusahaan dewasa ini, terutama pada kondisi persaingan merek yang
semakin tajam. Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk meningkatkan brand
equity salah satu cara yang digunakan adalah dengan melakukan kerjasama cobranding.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah co-branding yang terdiri
dari reputation, product fit, trust, attitude toward co-branding, dan familiarity
berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity produk es krim Cornetto
Disc Oreo.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen es krim Cornetto Disc
Oreo di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan sampel
sebanyak 100 orang. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan skala likert yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan
pengujian hipotesis dengan SPSS versi 16.
Hasil analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa variabel reputation, product fit, trust, attitude toward co-branding dan
familiarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity secara parsial
dan simultan.