Abstract:
manfaat juga memiliki risiko. Banyak pembeli yang belum yakin bahwa
bertransaksi melalui media internet dalam sistem e-commerce itu aman,
karena banyak pembeli yang komplain mengenai waktu pengiriman kurang
cepat, ketidak sesuaian barang yang dipesan dengan yang diterima
konsumen. Ketika seseorang (pengguna internet) memiliki anggapan atau
persepsi bahwa sistem e-commerce dapat memberikan jaminan atau
perlindungan dan reputasi yang baik, maka seseorang (pengguna internet)
akan percaya dan yakin bahwa transaksi melalui media internet adalah
aman. Oleh karena itu, structural assurance dan perceived reputation dapat
membangun trust di sistem e-commerce, dan menciptakan rasa aman bagi
pengguna yang akan melakukan transaksi pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah structural assurance
dan perceived reputation secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap trust pada sistem e-commerce di Purworejo
Populasi penelitian ini adalah semua pengguna internet berdomisili di
Kabupaten Purworejo yang pernah melakukan transaksi di e-commerce.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dinilai dengan skala likert yang
masing-masing sudah di ujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas.
Hasil analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 16
menunjukkan bahwa structural assurance dan perceived reputation secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust pada sistem ecommerce.