Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII A MTS MA’ARIF NU 02 BRUNO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Utomo, Tri Setia
dc.date.accessioned 2018-02-03T08:41:34Z
dc.date.available 2018-02-03T08:41:34Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1161
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode pembelajaran Field Trip, (2) pengaruh metode pembelajaran Field Trip terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII A MTs Ma‟arif NU 02 Bruno tahun pelajaran 2016/2017, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII A MTs Ma‟arif NU 02 Bruno dengan menggunakan metode pembelajaran Field Trip. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan metode penyajian informal. Dalam hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode pembelajaran Field Trip pada siswa kelas VII A MTs Ma‟arif NU 02 Bruno dilakukan dalam enam tahap, yaitu (a) guru menyampaikan materi tentang menulis puisi, (b) guru menjelaskan langkah-langkah menulis puisi, (c) guru memberikan contoh puisi, (d) guru menjelaskan penerapan metode pembelajaran Field Trip dalam pembelajaran menulis puisi, (e) guru memberikan tugas menulis puisi kepada siswa, (f) guru menghimbau siswa untuk menulis puisi dengan bahasa sendiri; (2) pengaruh metode pembelajaran Field Trip terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII A MTs Ma‟arif NU 02 Bruno tahun pelajaran 2016/2017 dapat dikategorikan menjadi lebih baik. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dari hasil observasi yang mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II, (a) keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru pada tahap prasiklus sebesar 49,25%, siklus I sebesar 65,28%, dan pada siklus II sebesar 77,22%; (b) keaktifan siswa bertanya pada guru saat pembelajaran berlangsung pada tahap prasiklus sebesar 22,22%, siklus I sebesar 30,56%, dan pada siklus II sebesar 41,67%; (c) keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas menulis puisi pada tahap prasiklus sebesar 44,44 %, pada siklus I sebesar 58,56%, dan pada siklus II sebesar 97,22%, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dapat dilihat berdasarakan hasil pada tahap prasiklus, nilai rata-rata menulis puisi masih rendah yaitu 49,25. Pada tahap siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 65,28. Pada siklus II nilai rata-rata kelas kembali mengalami peningkatan menjadi 77,22. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi dengan baik sesuai dengan kriteria kkm yang telah ditentukan yaitu 75. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis puisi, metode Field Trip, kelas VII en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII A MTS MA’ARIF NU 02 BRUNO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account