Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI RELIGI TOKOH UTAMA NOVEL MENCINTAIMU SEPERTI KUCINTAI QUR’AN KARYA WAHYU SUJANI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Pebriwanti, Nur Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-03T08:46:27Z
dc.date.available 2018-02-03T08:46:27Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1163
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel, (2) nilai religi tokoh utama novel,dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Mencintaimu Seperti Kucintai Qur‟an Karya Wahyu Sujani di Kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel Mencintaimu Seperti Kucintai Qur‟an Karya Wahyu Sujani. Objek penelitian ini adalah nilai religi tokoh utama yang terdapat dalam novel Mencintaimu Seperti Kucintai Qur‟an Karya Wahyu Sujani. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang dan amanat), nilai religi tokoh utama (akidah, syariat dan akhlak), dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dan teknik pustaka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti dibantu kartu pencatat data. Dalam analisisdata digunakan content analysis (analisis isi). Teknik dalam penyajian data digunakan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel meliputi(a) tema mayor:perjuangan hidup; tema minor: percintaan, ekonomi, musibah, dan hafalan Alquran, (b) tokoh utama:Rahmat bersifat pekerja keras, tegas, penyabar, bertanggung jawab dan kreatif; Riani bersifat pekerja keras, dan berbakti; dan Rhalin bersifat baik hati; sedangkan tokoh tambahan novel ini adalah Mang Dirman bersifat kasar, pemabuk; Bi Sulastri bersifat penyayang; Pak Rusli bersifat rendah hati; Rahma bersifat ramah; Imas bersifat baik hati; Ilyas bersifat sopan dan ramah; Husein bersifat kasar;(c) alur:campuran, (d) latar tempat: Gunung Cikuray, Rajapolah, Tarogong, Rancaekek, dan masjid; latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam; dan latar sosial: menengah ke bawah dan menengah ke atas, dan(e) sudut pandang pengarang: persona ketiga serba tahu; (f) amanat: jangan menyerah, seorang perempuan harus dapat menjaga dirinya dari laki-laki yang bukan muhrimnya, jangan memandang seseorang dengan sebelah mata, dan berbaktilah kepada orang tua terutama ibu; (2) nilai religi tokoh utama yang terdapat dalam novel tersebut meliputi (a) akidah: beriman kepada Allah, beriman kepada Rasul, beriman kepada kitab Allah, dan beriman kepada takdir Allah, (b) syariat: salat,berusaha hafalAlquran, berdoa, dan berzikir, (c) akhlak: berbagi nasihat dalam kebaikan, bersabar,bersyukur, bersikap jujur, dan saling membantu; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Mencintaimu Seperti Kucintai Qur‟anmenggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation: dilakukan denganmembentuk kelompok 2-6 peserta didik, tiap kelompok berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas,dan melakukan evaluasi setiap kelompok yang mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai religi tokoh utama, rencana pelaksanaan pembelajaran en_US
dc.title NILAI RELIGI TOKOH UTAMA NOVEL MENCINTAIMU SEPERTI KUCINTAI QUR’AN KARYA WAHYU SUJANI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account