Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Ariyani, Vivi Lestiana
dc.date.accessioned 2018-02-03T08:49:41Z
dc.date.available 2018-02-03T08:49:41Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1165
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemnt Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS dengan pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Purworejo; (2) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemnt Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), metode yang digunakan adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 35 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu; (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan; (3) Pengamatan; (4) Refleksi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, lembar kerja siswa (LKS) dan dokumenter. Hasil observasi aktivitas siswa dihitung persentasenya dengan jumlah siswa yang aktif. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan tes tertulis berupa postes pada tiap siklus. Hasil tes tiap siklus dihitung rata-rata kemudian membandingkan hasil tiap siklusnya. Penelitian tindakan selesai setelah jumlah siswa yang tuntas belajar ≥ 75%. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) memberikan peningkatan terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 70 dengan ketuntasan sebesar 57,14% dan persentase aktivitas belajar 29,04%, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 76 dengan ketuntasan 71,43% dan persentase aktivitas belajar 55,23%, dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 89 dengan ketuntasan 85,71% dan persentase aktivitas belajar 76,19%. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar,Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Divisions (STAD) en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account