Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Perhatian dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Batik Perbaik Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Anshori, Muhammad Hafiz
dc.date.accessioned 2018-02-03T09:01:35Z
dc.date.available 2018-02-03T09:01:35Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1170
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. (2) Untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. (3) untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI Pemasaran SMK Batik Perbaik Purworejo yang 70 siswa, jumlah sampel yang diambil 58 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik rendom sampling dengan cara undian dengan taraf kesalahan 5%. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis diskriptif secara umum diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Batik Perbaik Purworejo termasuk kategori tinggi sebesar 75,8%, perhatian orang tua termasuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 48,3%, sedangkan tingkat pendidikan orang tua dalam kategori sangat tinggi sebesar 69%. Analisis data ini menggunakan SPPSS For Windows 16.0 . Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel perhatian dan tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi motivasi belajar secara positif dan signifikan. Koefesien regresi ganda Y = 17,184 + 0,265x 1 + 0,226x sebesar 2,166 dengan sig =< 0,05 ,uji F sebesar 9,108 dengan sig =< 0,05 dan koefesien determinasi 0,499 sehingga perhatian dan tingkat pendidikan orang tua memberi pengaruh terhadap motivasi belajar 24,90%. Dengan demikian hipotesisnya dapat diterima. 2 uji t hitung en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Motivasi, Perhatian dan Tingkat Pendidikan Orang Tua en_US
dc.title Pengaruh Perhatian dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Batik Perbaik Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account