dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh
yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar
siswa. (2) Untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan
antara tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. (3) untuk
mengungkapkan ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara
perhatian dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama terhadap
motivasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI Pemasaran SMK Batik
Perbaik Purworejo yang 70 siswa, jumlah sampel yang diambil 58 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik rendom sampling dengan cara undian
dengan taraf kesalahan 5%. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan kuantitatif.
Berdasarkan analisis diskriptif secara umum diketahui bahwa motivasi
belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Batik Perbaik Purworejo termasuk
kategori tinggi sebesar 75,8%, perhatian orang tua termasuk dalam kategori sangat
tinggi sebesar 48,3%, sedangkan tingkat pendidikan orang tua dalam kategori
sangat tinggi sebesar 69%. Analisis data ini menggunakan SPPSS For Windows
16.0 . Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel perhatian dan
tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi motivasi belajar secara positif dan
signifikan. Koefesien regresi ganda Y = 17,184 + 0,265x
1
+ 0,226x
sebesar 2,166 dengan sig =< 0,05 ,uji F sebesar 9,108 dengan sig =< 0,05 dan
koefesien determinasi 0,499 sehingga perhatian dan tingkat pendidikan orang tua
memberi pengaruh terhadap motivasi belajar 24,90%. Dengan demikian
hipotesisnya dapat diterima.
2
uji t
hitung |
en_US |