Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam
novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah Karya Dul Abdul Rahman, (2) nilai-nilai
pendidikan dalam novel, dan (3) implementasi unsur intrinsik dan nilai-nilai
pendidikan dalam novel pada pembelajaran pola gilir dalam berkomunikasi pada
siswa SMK kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman. Fokus penelitian ini
adalah nilai-nilai pendidikan dalam novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul
Abdul Rahman dan Implementasinya pada Pembelajaran Pola Gilir dalam
Berkomunikasi Siswa SMK Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Analisis data
dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik
informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, (1) unsur intrinsik novel Insya
Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman, yaitu (a) tema dalam novel ini
adalah masalah masyarakat yang tidak mengutamakan pendidikan karena kondisi
ekonomi para nelayan tidak mencukupi untuk membiayai sekolah anak-anaknya,
(b) tokoh utama dalam novel ini adalah Samadin, (c) alur yang digunakan dalam
novel ini adalah alur maju, (d) latar sosial dalam novel ini melukiskan kehidupan
nelayan yang bertempat tinggal di tepi pantai Barombong dan keadaan pendidikan
anak-anak nelayan, (e) sudut pandang yang digunakan, yaitu sudut pandang orang
pertama (aku), (f) amanat yang disampaikan dalam novel ini merupakan semangat
seorang anak nelayan yang ingin bersekolah setinggi-tingginya. (2) Nilai pendidikan
dalam novel ini, terdiri dari: (a) nilai moral dalam novel ini adalah belajar bersama,
patuh, kerja keras, bersungguh-sungguh, pantang menyerah, bertanggung jawab,
mandiri, dan kreatif, (b) nilai agama yang meliputi beribadah, bersyukur, dan berdoa,
(c) nilai sosial dalam novel ini, yaitu peduli, persaudaraan, saling membantu,
persahabatan, memberi semangat, musyawarah, dan dermawan, (d) nilai budaya yang
meliputi kepercayaan masyarakat dengan cerita-cerita leluhur mereka. (3)
Implementasi pembelajaran pola gilir dalam berkomunikasi melalui novel Insya Allah
Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman di SMK tahapan-tahapan penerapannya
meliputi: (a) guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, (b) guru memberikan
lembar kerja siswa, (c) siswa bersama kelompoknya berdiskusi tentang unsur intrinsik
dan nilai pendidikan novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman,
(d) setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas
dengan menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi, (e) kelompok lain memberikan
tanggapan kepada kelompok yang sedang presentasi.