Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL INSYA ALLAH AKU BISA SEKOLAH KARYA DUL ABDUL RAHMAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN POLA GILIR DALAM BERKOMUNIKASI SISWA SMK KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Charmina, Yeni
dc.date.accessioned 2018-02-03T09:08:06Z
dc.date.available 2018-02-03T09:08:06Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1173
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah Karya Dul Abdul Rahman, (2) nilai-nilai pendidikan dalam novel, dan (3) implementasi unsur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan dalam novel pada pembelajaran pola gilir dalam berkomunikasi pada siswa SMK kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan dalam novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman dan Implementasinya pada Pembelajaran Pola Gilir dalam Berkomunikasi Siswa SMK Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, (1) unsur intrinsik novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman, yaitu (a) tema dalam novel ini adalah masalah masyarakat yang tidak mengutamakan pendidikan karena kondisi ekonomi para nelayan tidak mencukupi untuk membiayai sekolah anak-anaknya, (b) tokoh utama dalam novel ini adalah Samadin, (c) alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju, (d) latar sosial dalam novel ini melukiskan kehidupan nelayan yang bertempat tinggal di tepi pantai Barombong dan keadaan pendidikan anak-anak nelayan, (e) sudut pandang yang digunakan, yaitu sudut pandang orang pertama (aku), (f) amanat yang disampaikan dalam novel ini merupakan semangat seorang anak nelayan yang ingin bersekolah setinggi-tingginya. (2) Nilai pendidikan dalam novel ini, terdiri dari: (a) nilai moral dalam novel ini adalah belajar bersama, patuh, kerja keras, bersungguh-sungguh, pantang menyerah, bertanggung jawab, mandiri, dan kreatif, (b) nilai agama yang meliputi beribadah, bersyukur, dan berdoa, (c) nilai sosial dalam novel ini, yaitu peduli, persaudaraan, saling membantu, persahabatan, memberi semangat, musyawarah, dan dermawan, (d) nilai budaya yang meliputi kepercayaan masyarakat dengan cerita-cerita leluhur mereka. (3) Implementasi pembelajaran pola gilir dalam berkomunikasi melalui novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman di SMK tahapan-tahapan penerapannya meliputi: (a) guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, (b) guru memberikan lembar kerja siswa, (c) siswa bersama kelompoknya berdiskusi tentang unsur intrinsik dan nilai pendidikan novel Insya Allah Aku Bisa Sekolah karya Dul Abdul Rahman, (d) setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dengan menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi, (e) kelompok lain memberikan tanggapan kepada kelompok yang sedang presentasi. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik, nilai pendidikan, dan penerapan pola gilir dalam berkomunikasi. en_US
dc.title NALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL INSYA ALLAH AKU BISA SEKOLAH KARYA DUL ABDUL RAHMAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN POLA GILIR DALAM BERKOMUNIKASI SISWA SMK KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account