dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah terdapat pengaruh
positif signifikan antara pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, inovatif,
Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) terhadap hasil belajar siswa/siswi kelas XI
jurusan Akuntansi SMK Mukti Karya Kebumen tahun pelajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi
SMK Mukti Kebumen yang berjumlah 8 siswi. Dari polupasi tersebut, peneliti
mengambil semua sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan
pearson product moment.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif signifikan
antara pendekatan PAKEM terhadap hasil belajar siswa/ siswi kelas XI jurusan
Akuntansi SMK Mukti Karya Kebumen dengan r sebesar 0,710, terletak diantara
0,600 – 0, 799 dan tingkat signifikansinya 0,049 ≤ 0,05. Besar sumbangan yang
diberikan pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar adalah 75 % sedangkan
25% merupakan sumbangan factor yang lain. |
en_US |