Abstract:
Salah satu perilaku dalam konteks pemasaran adalah keputusan pembelian,
yaitu tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian suatu
produk. Tawaran produk saat ini sangat beragam dan banyak, seperti untuk iklan
produk sepatu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Alternatif pilihan
yang semakin banyak memudahkan konsumen untuk menentukan pilihan sesuai
dengan selera dan kemampuan ekonomisnya. Beberapa alternatif yang umum
adalah brand, country of origin, trust in company dan price.
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh brand, country of origin, trust in
company dan price terhadap keputusan pembelian sepatu Nike di Kota Magelang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap responden
dengan cara membagikan kuesioner terhadap konsumen yang menggunakan
sepatu Nike di Kota Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
konsumen sepatu Nike di Kota Magelang. Sampel yang diambil 150 responden
dengan kriteria responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang
menggunakan sepatu Nike di Kota Magelang yang berusia minimal 17 tahun.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen
utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang disusun
secara sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan kepada responden
yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabelitas. Analisis data menggunakan
Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Signifikansi
Parsial (Uji t).
Berdasarkan pengujian menggunakan Regresi Linear Berganda diketahui
bahwa variabel brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Variabel country of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Variabel trust in company berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel price berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian.