Abstract:
Makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap
manusia dan sangat penting bagi keberlangsungan hidup. Makanan yang
dikonsumsi tidak hanya yang mengenyangkan tetapi juga harus halal. Terciptanya
kesadaran mahasiswa agar mengkonsumsi produk makanan ringan yang berlabel
halal memerlukan faktor religiusitas dari individu mahasiswa yang disertai dengan
adanya norma subyektif dari orang-orang terdekat yang sering mengkonsumsi
produk halal dan adanya faktor perceived behavioral control dikalangan
mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Pengaruh religiusitas terhadap niat
membeli produk makanan ringan berlabel halal. 2) Pengaruh norma subyektif terhadap
niat membeli produk makanan ringan berlabel halal. 3) Pengaruh perceived
behavioral control terhadap niat membeli produk makanan ringan berlabel halal. 4)
pengaruh religiusitas, norma subyektif, dan perceived behavioral control secara
simultan terhadap niat membeli produk makanan ringan berlabel halal.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas
Muhammadiyah Purworejo yang memiliki niat untuk membeli produk makanan
ringan berlabel halal. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability
sampling yaitu purposive sampling, dengan sampel sebanyak 150 responden.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang di uji cobakan
dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan
adalah regresi linier berganda, uji signifikansi parsial, serta uji simultan.
Hasil uji regresi linier berganda yang diuji secara parsial menunjukkan bahwa
religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk halal,
norma subyektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk
halal, perceived behavioral control berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat
membeli produk halal pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dari
hasil uji simultan didapat bahwa religiusitas, norma subyektif, dan perceived
behavioral control secara simultan berpengaruh terhadap niat membeli produk
makanan ringan berlabel halal. Kesimpulan dalam penelitian ini semua hipotesis
terbukti.