Abstract:
Industri sepeda motor di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan jumlah pengguna sepeda motor yang semakin melonjak. Kondisi tersebut membuat PT AHM berusaha mempertahankan posisi brand-nya dengan tetap mempertahankan loyalitas konsumen pada merek Honda (brand loyalty) di tengah gempuran merek para pesaing. Perusahaan sudah sewajarnya bertanggung jawab terhadap keseluruhan aspek, baik internal maupun eksternal perusahaan (CSR). Perusahaan harus bisa menumbuhkan kesan yang positif tentang merek suatu produk dibenak pelanggan dan membuatnya bisa percaya dengan merek tersebut (brand trust). Selain itu, pelanggan bisa merasakan kepuasan (customer satisfaction) setelah mengkonsumsi produk dari merek tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: menguji pengaruh brand trust, customer satisfaction, dan program corporate social responsibility (CSR) secara parsial terhadap brand loyalty pada pengguna sepeda motor Honda di Purworejo. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli, menggunakan, mengetahui, dan merasakan program CSR yang dilakukan oleh semua dealer Honda di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah di ujicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda.
Hasil analisis regresi liniear berganda menunjukkan bahwa brand trust, customer satisfaction, dan program corporate social responsibility (CSR) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada pengguna sepeda motor Honda di Purworejo.