Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) PADA SISWA KELAS VII MTs AL-IMAN MARGOYOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Dwi Puji
dc.date.accessioned 2018-02-04T07:29:45Z
dc.date.available 2018-02-04T07:29:45Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1197
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) pada siswa kelas VII MTs AL-Iman Margoyoso Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) pengaruh penggunaan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) terhadap minat dan sikap siswa dalam menulis puisi pada siswa kelas VII MTs AL-Iman Margoyoso Tahun Pelajaran 2016/2017; (3) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) pada siswa kelas VII MTs AL-Iman Margoyoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs AL-Iman Margoyoso. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran, minat, sikap siswa dan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study). Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis puisi, sedangkan teknik nontes berupa pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) dilakukan mulai dari siklus I, siklus II dan masing-masing siklus sama, meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, (2) minat dan sikap siswa dalam pembelajaran menulis puisi menjadi lebih baik, hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan bahwa minat belajar siswa jumlah skor rata-rata kelas pada prasiklus 66,25%, siklus I 67,22%, dan pada siklus II 70%, dan hasil observasi terhadap sikap belajar siswa jumlah skor rata-rata prasiklus sebesar 36,66%, siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 85% dengan menggunakan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study), (3) pembelajaran menulis puisi dengan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII MTs AL-Iman Margoyoso. Nilai siswa dikatakan tuntas apabila sudah mencapai KKM. Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan di MTs AL-Iman Margoyoso untuk mata pelajaran bahaa Indonesia adalah 72. Nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 61,2, siklus I 68,59, dan siklus II sebesar 77,3. Secara keseluruhan peningkatan hasil nilai rata-rata siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 16,1. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Menulis Puisi, Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) PADA SISWA KELAS VII MTs AL-IMAN MARGOYOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account