Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI RELIGIUS NOVEL LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XII SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Cristiyanti, Reni Listya
dc.date.accessioned 2018-02-04T07:35:11Z
dc.date.available 2018-02-04T07:35:11Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1199
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai religius pada novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia; dan (3) skenario pembelajaran novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia pada siswa kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah nilai religius dalam novel Love Sparks In Korea karya asma Nadia. Sumber data penelitian ini adalah novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nota pencatat, alat tulis, dan novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan adalah penyajian data informal. Hasil penelitian ini meliputi: (1) unsur instrinsik: (a) tema; perjalanan hidup seorang wanita dalam mendapatkan cinta; (b) tokoh: Rania, Hyun Geun, Papah, Mama, Ilhan, Kak Tia, Bang Eron, Alvin, Jong Hwa, Chin Sun, dan Park Yong Su; (c) Alur: campuran; (d) latar terdiri dari tiga yaitu; latar tempat: Bukit Hwangryeson, Paris, pasar Jagalchi, Kathamandu, Sarangkot, danau Phewa, Korea, Nami Island, sungai Cheonggyechon, stasiun bawah tanah, rumah sakit; latar waktu; pagi, sore, malam; latar sosial; cara mengucap salam, kebiasaan masyarakat Korea;. (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (f) amanat: selalu berusaha dan berdoa. (2) nilai religius pada novel Love Sparks In Korea: (a) hubungan manusia dengan Tuhannya: berdoa, bersholawat, percaya pada Allah, bersyukur, dakwah, sholat, mengucap salam, dan memakai jilbab; (b)hubungan manusia dengan manusia: bersikap ramah dan sopan, setia, tanggung jawab, kasih sayang, tolong menolong, dan sedekah; (c)hubungan manusia dengan alam sekitar: menikmati keindahan alam dan merawat tumbuhan. (3) Skenario pembelajaran pada novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia diterapkan dalam pembelajaran di kelas XII SMA yang terdapat pada kompetensi dasar 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan berpasangan dengan 4.1 Menginterpretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran ini menggunakan metode diskusi dan Think, Talk, write (TTW). Tahap awal guru mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran. Kegiatan inti: siswa mencari dan memahami unsur instrinsik serta nilai religi novel. Setelah itu, siswa membentuk kelompok dan mendiskusikan unsur instrnsik dan nilai eligi dalam novel. Pewakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Kegiatan penutup, guru mereflesikan kegiatan pembelajaran dan menanamkan nilai religi yang terdapat dalam novel pada kehidupan nyata. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai religius,novel, skenario pembelajaran en_US
dc.title NILAI RELIGIUS NOVEL LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XII SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account