Abstract:
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik novel Rudy karya Gina S. Noer, (2) aspek sosiologi sastra novel Rudy karya Gina S. Noer, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Rudy karya Gina S. Noer di SMA.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu novel Rudy karya Gina S. Noer. Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi sastra yang terdapat dalam novel Rudy karya Gina S. Noer. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik novel Rudy, aspek-aspek sosiologi sastra, dan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan dalam penyajian hasil analisis adalah teknik penyajian informal.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Rudy karya Gina S. Noer meliputi (a) tema mayor: perjuangan laki-laki, tema minor: masalah pindah-pindah sekolah, masalah keuangan keluarga, masalah Indonesia mengalami krisis;(b) alur: campuran;(c) tokoh dan penokohan: tokoh utama Rudy, dan tokoh tambahan Mami, Papi, Junus Efendi Habibie, Sri Redjeki Chasanah, Lim Keng Kie, paman Subarjo, kepala sekolah SMA Kristen, Koo Tiang Hui, Ainun, ibu Wirtin, Prof. Hans Ebner, Ilona, Romo Mangun; (d) latar: Bandar Udara Kemayoran, pantai Lumpue, ruang makan, kamar, sekolah, Bandar Udara Internasional Kairo, Sekolah Pertanian Menengah Atas, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, ruangtamu, Sekolah Kedokteran Hewan, Contardate HBS, SMA Kristen, ITB, gereja, dan Rumah Sakit Bad Krozingen; (e) sudut pandang: orang ketiga serbatahu; (f) amanat: jangan pernah menilai orang lain dari sisi luarnya saja, jangan pernah mengeluh meski sedang menghadapi kesulitan, jangan mudah putus asa dalam menggapai cita-cita; (2) aspek sosiologi sastra novel Rudy karya Gina S. Noer yaitu (a) aspek kekerabatan, yakni Rudy memiliki hubungan yang baik dengan Mami dan Papi, sangat mengasihi adik-adiknya dan mencintai Ainun istrinya; (b) aspek cinta kasih, yaitu Rudy memiliki cinta kasih yang baik terhadap keluarga dan teman; (c) aspek moral yakni, bersyukur kepada Allah Swt, menjalin silaturahmi kepada teman-teman, menuruti semua perintah Mami, memiliki watak yang keras kepala dan menghormati orang yang lebih tua; (d) aspek pendidikan yakni, pendidikan formal Rudy di sekolah Concordante HBS, Universitas Indonesia, dan RWTH Jerman; (e) aspek ekonomi yakni tergolong ekonomi tingkat atas. Rudy bisa bersekolah hingga S-3; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Rudy karya Gina S. Noer di kelas XII SMA yang terdapat dalam kompetensi dasar 3.9 menggunakan metode Quantum Learning dengan menggunakan enam langkah pokok yang dikenal dengan istilah TANDUR.