Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Konspirasi Semesta karya Azhar Nurun Ala (2) aspek sosiologi sastra novel Konspirasi Semesta karya Azhar Nurun Ala dan (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA.Sumber data penelitian ini adalah teks novel Konspirasi Semesta karya Azhar Nurun Ala, Objek penelitian yang menjadi sasaran dalam sebuah penelitian yaitu aspek-aspek sosiologi, penelitian difokuskan pada unsur intrinsik dan aspek sosiologi sastra meliputi aspek kekerabatan, aspek cinta kasih, aspek pendidikan, aspek ekonomi dan pembelajarannya di SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka.Teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan untuk penyajian hasil analisis adalah menggunaka teknikin formal.
Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel tersebut meliputi (a) tema mayor dan tema minor. Tema mayor pentingnya memiliki hubungan baik dengan sesama manusia; tema minor masalah yang dihadapai oleh seorng manusia yang masih labil dan keinginan kuatnya dalam menggapai cita-cita; (b) tokoh dan penokohan meliputi tokoh utama Laras memiliki watak selalu berusaha dan pantang menyerah dalam meraih cita-citanya tokoh utama laki-laki Ronald memiliki watak yang pendiam dan misterius, dan beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita; (c) alur novel tersebut menggunakan alur maju, (d) latar terbagi menjadi dua yaitu Latar tempat di Rumah Siska, rumah Laras, sekolah, gerbang sekolah, lapangan olahraga, kamar siska, kamar mas Irwan, kamar ibu Siska, toko buku, musholah Rumah Laras, perpustakaan kampus UI, warnet, kamar kos Laras, rumah Tyas, New Zeland, rumah Rijal, Bandar Lampung, Surabaya, Depok; Latar waktu yaitu pagihari, sianghari, sore hari, dan malam hari (e) sudut pandangnya menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu, dan (f) amanat yang dapa tdiambil salah satunya yaitu berusaha dengan keras dan jangan mudah menyerah, serta jangan terpuruk akan masa lalu .(2) aspek-aspek sosiologi yang terdapa pada novel tersebut digolongkan menjadi empat, yaitu (a) aspek kekerabatan, yakni kekerabatan anatar keluarga dan kekerabatan antara sahabatnya;(b) aspek cinta kasih yakni cinta kasih terhadap keluarga, cinta kasih terhadap sahabat, dan aspek cinta kasih kepada kekasih; (c) aspek pendidikan terlihat pada tokoh Laras, Ronald, dan Rijal; (d) aspek ekonominya cukup baik, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran Novel tersebut menggunakan metode Jigsaw. Metode jigsaw adalah metode yang dilakukan secara berkelombok.